Komunikasi dapat terjadi secara tatapmuka (konvensional) maupun bermedia (digital). Berikut adalah satu contoh masing-masing dari 9 perilaku komunikasi dalam konteks pembelajaran:
1A. Perilaku simtomatik tidak dipersepsi
Contoh : Anda
menggerak-gerakan kaki saat berlangsung sistem pembelajaran namun tak seorang
pun melihat hal itu.
1B. Simtom yang dipersepsi secara Insidental
Contoh : Anda
menggerak-gerakan kaki saat pembelajaran namun teman anda menyadari kemudian
bahwa Anda bosan mengikuti pembelajaran.
1C. Simtom yang diperhatikan
Contoh : Anda
menggerak-gerakan kaki, dan kawan anda berkata, “Apakah anda bosan
mengikuti pelajaran ini?”
2A. Pesan nonverbal yang tidak diterima – Ketika kita ingin mengajukan pertanyaan kepada dosen, kita pasti terlebih dahulu mengacungkan tangan. Namun, tidak hanya kita yang mengacungkan tangan, banyak teman-teman yang lain yang mengacungkan tangan karena sama-sama ingin bertanya. Lalu dosen tidak menunjuk ke arah kita, melainkan ke arah salah satu teman kita yang mengacungkan tangan juga.
2A. Pesan nonverbal yang tidak diterima – Ketika kita ingin mengajukan pertanyaan kepada dosen, kita pasti terlebih dahulu mengacungkan tangan. Namun, tidak hanya kita yang mengacungkan tangan, banyak teman-teman yang lain yang mengacungkan tangan karena sama-sama ingin bertanya. Lalu dosen tidak menunjuk ke arah kita, melainkan ke arah salah satu teman kita yang mengacungkan tangan juga.
2B. Pesan nonverbal insidental – Ketika dosen sedang menjelaskan apa yang sedang dipelajari, lalu kita memiliki kesibukan sendiri. Namun, ketika dosen bertanya kepada kita, kita dapat menjawab apa yang dijelaskan tadi.
2C. Pesan nonverbal yang diperhatikan – Ketika kita ingin mengajukan pertanyaan kepada dosen, kita pasti terlebih dahulu mengacungkan tangan. Lalu dosen langsung menunjuk ke arah kita dan mempersilakan kita untuk bertanya.
3A. Pesan verbal yang tidak diterima
Contoh : anda
mengirimkan tugas kepada dosen berupa E-mail, namun E-mial itu tidak
delive/terkirim
3B. Pesan verbal insidental
Contoh : Guru TK
mengoceh dan menjelaskan tentang menulis atau mewarnai kepada muridnya, dan
meskipun mereka tahu guru tersebut sedang berbicara kepada mereka, mereka tidak
begitu memperhatikan dan terus bermain di kelas.
3C. Pesan verbal yan di perhatikan
Contoh : Seoang
dosen menyampaikan materi kepada siswa dan siswa tersebut mendengarkan apa yang
dosen tersebut katakan.
Dasar Dasar Komunikasi
Ibu Murti Kusuma Wirasti
Wisnu Ari Susilo(1215120019)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar